Cara Instal Aplikasi Dapodik 2013 Terbaru Versi 2.0

loading...
Cara instal aplikasi Dapodik tahun 2013 - Cara instalasi aplikasi Dapodik terbaru :

Langkah-langkah instal aplikasi Dapodik 2013 cukup mudah, khususnya bagi yang sudah berpengalaman melakukan instalasi aplikasi dapodik 2012.

Silahkan download aplikasi dapodik 2013 versi terbaru melalui link ini http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/unduh

Download juga data prefill sekolah Anda melalui link ini http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/prefill. Silahkan masukkan kode registrasi dapodik sekolah Anda pada kolom yang tersedia untuk mendownload.


Selanjutnya akan muncul halaman berikut. Silahkan klik link download seperti yang di tunjukkan pada gambar


Setelah data prefill sekolah berhasil didownload, untuk memudahkan pencarian silahkan simpan data prefil tersebut pada directori komputer tempat Anda menyimpan aplikasi dapodik.exe


Buat folder baru (New Folder) pada diretori Anda menyimpan data prefill, dan silahkan rename / berinama folder baru tersebut dengan "prefill_dapodik" (tanpa tanda petik). Selanjutnya pindahkan data prefill ke dalam folder.


Copy dan tempatkan (paste) folder "prefill_dapodik" Anda beserta data prefill yang sudah berada didalamnya ke directori sytem C: komputer/laptop Anda


Silahkan jalankan aplikasi dapodik 2013 (setup.exe) yang Anda miliki.


Tekan tombol lanjut untuk masuk ke langkah selanjutnya.


Selanjutnya adalah tahap pemilihan port, pada tahap ini port yang tersedia telah terisi secara otomatis atau silahkan tekan check port untuk menghindari bentrok port dan selanjutnya tekan lanjut.


Pada form persetujuan silahkan untuk membaca "Kesepakatan atas Lisensi" sebelum menuju langkah selanjutnya. Jika setuju dengan Kesepakatan atas Lisensi yang ada, silahkan pilih "Saya setuju dengan kesepakatan tersebut" selanjutnya tekan tombol lanjut.


Silahkan tunggu proses penginstalan yang sedang berlangsung.


Selanjutnya klik lanjut pada form "Konfigurasi Server Dapodikdas", tunggu hingga proses selesai dan terakhir tekan tombol selesai.


Jalankan aplikasi dapodik yang sudah terinstal di komputer/laptop Anda.


Klik tombol "Registrasi" pada tampilan awal aplikasi Dapodik Anda.


Isi data yang terdapat pada form registrasi "Operator Sekolah" beserta kode registrasinya dan terakhir tekan tombol simpan.
  • Gunakan kode registrasi baru yang diberikan oleh KK Datadik Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing (bukan kode registrasi lama yang digunakan pada aplikasi Dapodik 2012).
  • Remove/uninstal aplikasi Dapodik 2012 yang sebelumnya telah terinstal pada komputer/laptop Anda sebelum melakukan proses instalasi aplikasi Dapodik 2013 (Jangan lupa untuk melakukan backup data pada aplikasi Dapodik 2012 Anda).
  • Disarankan untuk menutup semua program/aplikasi yang sedang berjalan sebelum melakukan proses instalasi aplikasi Dapodik 2013.
  • Untuk informasi selengkapnya silahkan baca panduan/manual resmi aplikasi dapodik 2013.

Sekian tentang Cara instalasi aplikasi Dapodik 2013, semoga bermanfaat.

loading...
Cara Instal Aplikasi Dapodik 2013 Terbaru Versi 2.0 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rakhmad Nursyahbandi

2 komentar:

Pupung mengatakan...

Aplikasi setelah diinstal, trus saat registrasi (prefill sudah dimasukkan ke folder c:/prefill_dapodik/....) cuma "please wait..." aja yak....?

Punya rekan saya juga gitu.... solusinya....????

Terima kasih

Unknown mengatakan...

tolongkasi solusi mo buka aplikasi dapodik malah muncul data tdak di temukan

Posting Komentar